Dengan lebih dari 17 miliar sel dalam worksheet tunggal, Excel 2010 memberi Anda kemampuan untuk bekerja dengan sejumlah besar data. Mengatur data berdasarkan abjad, dari terkecil hingga terbesar, atau menggunakan kriteria lain yang dapat membantu Anda menemukan informasi yang Anda cari lebih cepat.
Pada pelajaran ini, Anda akan belajar bagaimana menyortir data ke tampilan yang lebih baik dan mengatur isi dari spreadsheet Anda. Saksikan video berikut ini untuk memahami lebih lanjut mengenai sorting data.
Sorting adalah tugas untuk mengubah atau menyesuaikan urutan data pada spreadsheet. Misalnya, Anda bisa mengatur urutan data karyawan berdasarkan tanggal lahir, atau departemen, sehingga lebih mudah untuk menemukan apa yang Anda cari.
1. Pilih sel dalam kolom yang ingin Anda sortir.
2. Pilih tab data, kemudian cari kelompok Sort and Filter. Untuk urutan naik pakai Sort A to Z sedangkan pilih Sort Z to A untuk urutan turun
3. Data dalam spreadsheet akan ditayangkan berdasarkan abjad
(Pilihan sortasi juga dapat ditemukan pada tab Home. Selain berdasarkan alfabet, perintah sord dapat dilakukan pada data yang berupa angka, tanggal maupun gabungan data lain, tetapi tidak dapat digunakan untuk mensortir sel yang di Merge)
Pilih sel dalam kolom yang ingin Anda sortir.
Pilih tab data, kemudian cari kelompok Sort and Filter. Untuk urutan naik pakai Sort A to Z sedangkan pilih Sort Z to A untuk urutan turun
Data dalam spreadsheet akan ditayangkan berdasarkan abjad
Anda dapat menggunakan Custom list untuk mengidentifikasi urutan penyortiran yang diiginkan, seperti hari minggu-atau dalam contoh ini, ukuran T-shirt dari terkecil hingga terbesar. Yang tidak memungkinkan menggunakan perintah pernsortiran sederhana
Dari tab data, klik perintah Sort
2. Pilih kolom yang diinginkan pada Sort By
3. Pastikan Value dipilih pada bidang Sort On.
4. Klik panah drop-down di kotak Order, kemudian memilih Custom List.
5. Pilih New List, dan masukkan bagaimana Anda ingin data Anda diurutkan dalam kotak List entries.
6. Klik Add untuk menyimpan daftar, lalu klik OK.
7. Klik OK untuk menutup kotak dialog
8. Spreadsheet akan mengurutkan dalam urutan Kecil, Menengah, Besar, dan X-Large.
1. Dari tab data, klik perintah Sort
2. Pilih kolom yang ingin Anda pada pada Column
3. Pilih apakah Anda ingin mengurutkan berdasarkan warna sel, Font Color, atau Ikon sel di kotak Sort On. Dalam contoh ini, kita akan mengurutkan berdasarkan Font Color.
4. Pada kotak Order, klik panah drop-down untuk memilih warna, serta On Top untuk meletakkan warta dipilih diatas dan sebaliknya untuk On Bottom untuk meletakkan warna dipilih dibawah
5. Klik OK.
Fitur lain dari sorting adalah sorting multiple levels – yang memungkinkan Anda untuk mengidentifikasi kolom mana yang ingin diurutkan . Anda bisa menyortir siswa dengan nomor wali kelas, maka dengan nama belakang seperti yang terlihat di bawah ini.
Dari tab data, klik perintah Sort untuk membuka kotak dialog Sort.
Identifikasi item pertama yang ingin diurutkan. Dalam contoh ini, kita akan mengurutkan Homeroom # dari Smallest to Largest.
Klik Add Level untuk menambahkan item lain.
4. Identifikasi item yang ingin Anda sortir berikutnya. Kami akan mengurutkan Last name dari A sampai Z.
5. Lalu klik OK. Spreadsheet akan mengurutkan berdasarkan angka wali kelas, dan dalam setiap wali kelas, diurutkan siswa menurut abjad nama terakhir.
Dari tab data, klik perintah Sort untuk membuka kotak dialog Custom Sort.
Pilih level yang Anda ingin susun ulang.
Gunakan panah Move Up atau Move Down. Semakin tinggi tingkat adalah pada daftar, semakin tinggi prioritas.