Fungsi

Mencari tahu sebuah rumus untuk perhitungan di Excel cukup rumit dan membosankan. Untungnya, Excel memiliki sebuah library fungsi -atau formula yang telah ditetapkan–yang dapat Anda manfaatkan. Anda mungkin akrab dengan fungsi umum seperti sum, avarage, product, dan count, tetapi ada ratusan fungsi dalam Excel, bahkan untuk hal-hal seperti memformat teks, referensi sel, menghitung tingkat keuangan, dan menganalisis statistik. 

Pada pelajaran ini, Anda akan mempelajari dasar-dasar memasukkan fungsi umum dalam lembar kerja Anda dengan memanfaatkan perintah AutoSum dan Insert Functions. Anda juga akan mempelajari bagaimana cara mencari dan menemukan berbagai fungsi, termasuk menjelajahi Library Fungsi Excel. Saksikan video berikut ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai fungsi pada excel. 

Sebuah fungsi adalah rumus yang telah ditetapkan untuk melakukan perhitungan dengan menggunakan nilai-nilai tertentu dalam urutan tertentu. Salah satu manfaat utama dari fungsi adalah dapat menghemat waktu karena Anda tidak harus menulis rumus sendiri. Excel memiliki ratusan fungsi untuk membantu perhitungan. 

Bagian-bagian dari fungsi 

Urutan memasukkan suatu fungsi sangatlah penting. Setiap fungsi memiliki urutan spesifik -disebut sintaks, yang harus diikuti agar fungsi bekerja dengan benar. Sintaks dasar untuk membuat formula adalah memasukkan tanda sama dengan (=), nama fungsi (misalnya SUM, adalah nama fungsi untuk pertambahan), dan argumen . Argumen berisi informasi rumus untuk menghitung, seperti range dari referensi sel. 

Bekerja dengan argumen

Argumen harus diapit tanda kurung. Nilai-nilai individu atau referensi sel dalam kurung dipisahkan oleh titik dua atau koma.

Membuat fungsi dasar dalam Excel:

1. Pilih sel di mana jawabannya akan muncul (misalnya F15).

2. Ketik tanda sama dengan (=), kemudian masukkan nama fungsi (misalnya SUM). lalu tekan (

3. Isikan sel yang akan dihitung, bisa ditulis manual. Bisa menggunakan mouse.

4. Tekan Enter, dan hasilnya akan muncul 

Excel tidak akan selalu memberitahu Anda jika fungsi Anda memiliki kesalahan, jadi terserah kepada Anda untuk memeriksa semua fungsi Anda. 

Karena dalam pembelajaran kali ini tidak memungkinkan kita menggunakan komputer, maka sebagai gantinya kita akan belajar spreadsheet menggunakan WPS Office / Excel pada android. 

Yang belum punya silahkan bisa mulai diinstall  melalui Play Store atau download disini

Untuk tugas pada pertemuan hari ini, kita akan memanfaatkan dokumen yang minggu kemarin kita buat. Maka silahkan buka kembali Latihan 2 yang minggu kemarin kita buat. Kemudian tambahkan tambahkan 3 baris di bawah tabel yang kita buat sehingga kurang lebih tampilannya seperti dibawah ini

Setelah selesai membuat tabel,maka langkah selanjutnya tinggal menambahkan rumus untuk kolom jumlah dan rata-rata siswa. 

Setelah selesai menambahkan jumlah dan rata-rata, langkah selanjutnya menambahkan fungsi untuk rata-rata, nilai maksimal, dan nilai minimal dalam satu kelas

Berikut adalah caranya menambahkan rumus dan fungsi secara lengkapnya

Tugas disimpan dengan nama XL2_[namamu] misal XL2_Slamet Riyadi dan dikirimkan melalui link berikut https://driveuploader.com/upload/IJgC1KN0zw/