Ketika Anda membuka buku kerja kosong yang baru, sel-sel diatur pada ukuran yang baku. Anda dapat memodifikasi sel, menyisipkan dan menghapus kolom, baris, dan sel-sel yang diperlukan. Pada pelajaran ini, Anda akan belajar bagaimana mengubah tinggi baris dan lebar kolom, menyisipkan dan menghapus baris dan kolom, membungkus teks dalam sel, dan menggabungkan sel. Saksikan video berikut ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai modifikasi baris, kolom, dan sel.
Secara default, setiap baris dan kolom dari buku kerja/workbook diatur sama tinggi dan lebarnya. Excel memungkinkan Anda untuk memodifikasi lebar kolom dan tinggi baris dengan beberapa cara yang berbeda.
Posisikan mouse anda di atas garis kolom dalam column heading sehingga salib putih menjadi panah ganda
Klik dan tarik kolom ke kanan untuk meningkatkan lebar kolom atau ke kiri untuk mengurangi lebar kolom.
Lepaskan mouse. Lebar kolom akan berubah pada spreadsheet Anda.
Jika Anda melihat tanda-tanda pound (#######) dalam sel, itu berarti kolom tidak cukup lebar untuk menampilkan isi sel. Cukup perlebar kolom untuk menunjukkan isi sel.
Pilih kolom yang ingin dimodifikasi.
Klik perintah Format pada tab Home. Menu drop-down Format muncul.
Pilih Column Width.
Kotak dialog Column Width muncul. Masukkan ukuran tertentu
Klik OK. Lebar masing-masing kolom yang dipilih akan berubah dalam lembar kerja Anda.
Pilih AutoFit Column Width dari menu drop-down Format, Excel akan secara otomatis menyesuaikan setiap kolom yang dipilih sehingga semua teks akan cocok.
Posisikan kursor di atas garis baris sehingga salib putih menjadi panah ganda.
Klik dan tarik baris ke bawah untuk meninggikan baris atau ke atas untuk mengurangi ketinggian.
Lepaskan mouse. Ketinggian setiap baris yang dipilih akan berubah dalam lembar kerja Anda.
Pilih baris yang ingin Anda ubah.
Klik perintah Format pada tab Home. Menu drop-down Format muncul.
Pilih Row Height.
Kotak dialog Row Height muncul. Masukkan ukuran tertentu.
Klik OK. Ketinggian baris yang dipilih akan berubah dalam spreadsheet Anda.
Pilih AutoFit Row Height dari menu drop-down Format, dan Excel akan secara otomatis menyesuaikan setiap baris yang dipilih sehingga semua teks akan cocok.
Pilih baris bawah di mana Anda ingin baris baru muncul.
Klik perintah Insert pada tab Home.
Baris baru muncul dalam lembar kerja Anda.
Pilih kolom ke kanan di mana Anda ingin kolom baru muncul. Sebagai contoh, jika Anda ingin menyisipkan kolom antara A dan B, pilih kolom B.
Klik perintah Insert pada tab Home.
Kolom baru muncul di lembar kerja Anda.
Pilih baris yang ingin Anda hapus.
Klik perintah Delete pada tab Home.
Baris dihapus dari lembar kerja Anda.
Hal yang sama dapat dilakukan pada kolom untuk menghapus kolom
Jika sel berisi teks yang memuat lebih dari yang dapat ditampilkan, Anda dapat memilih untuk membungkus teks dalam sel atau menggabungkan sel dengan sel yang bersebelahan kosong. Wrap text untuk membuatnya ditampilkan di beberapa baris sel. Merge sel untuk menggabungkan sel sebelah dalam satu sel yang lebih besar.
Pilih sel dengan teks yang ingin Anda bungkus.
Pilih perintah Wrap Text pada tab Home.
Teks dalam sel yang dipilih akan dibungkus dalam lembar kerja Anda.
Jika Anda berubah pikiran, lakukan klik ulang pada perintah Wrap Teks untuk membuka wrap teks.
Pilih sel yang ingin digabung.
Pilih perintah Merge & Center pada tab Home.
Sel-sel yang dipilih akan digabung, dan teks akan dipusatkan.
Jika Anda berubah pikiran, lakukan klik ulang perintah Merge & Center
Klik panah drop-down di sebelah perintah Merge & Center pada tab Home. menu drop-down merge muncul.
Merge & Center: Menggabungkan sel Merges mejadi satu sel dan memusatan teks
Merge Across: Menggabungkan baris dari setiap sel yang dipilih ke dalam sel yang lebih besar; berguna ketika penggabungan konten di beberapa baris sel daripada membuat satu sel besar
Merge Cells: Menggabungkan sel terpilih menjadi satu sel
Unmerge Sel: Unmerges Sel yang dipilih
Karena dalam pelaksanaan PJJ ini tidak memungkinkan kita menggunakan komputer, maka sebagai gantinya kita akan belajar spreadsheet menggunakan WPS Office / Excel pada android.
Yang belum punya silahkan bisa mulai diinstall melalui Play Store atau download disiniUntuk tugasnya, silahkan buatlah spreadsheet sebagai berikut menggunakan WPS Office di hp masing-masing. Kemudian disimpan dengan nama Latihan1 namamu di penyimpanan ponsel/internal dalam folder dokumen
Jika terdapat kesulitan silahkan simak video dibawah ini untuk langkah-langkah pembuatannya.