Fungsi

Mencari tahu sebuah rumus untuk perhitungan di Excel cukup rumit dan membosankan. Untungnya, Excel memiliki sebuah library fungsi -atau formula yang telah ditetapkan–yang dapat Anda manfaatkan. Anda mungkin akrab dengan fungsi umum seperti sum, avarage, product, dan count, tetapi ada ratusan fungsi dalam Excel, bahkan untuk hal-hal seperti memformat teks, referensi sel, menghitung tingkat keuangan, dan menganalisis statistik.

Pada pelajaran ini, Anda akan mempelajari dasar-dasar memasukkan fungsi umum dalam lembar kerja Anda dengan memanfaatkan perintah AutoSum dan Insert Functions. Anda juga akan mempelajari bagaimana cara mencari dan menemukan berbagai fungsi, termasuk menjelajahi Library Fungsi Excel. Saksikan video berikut ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai fungsi pada excel.

Sebuah fungsi adalah rumus yang telah ditetapkan untuk melakukan perhitungan dengan menggunakan nilai-nilai tertentu dalam urutan tertentu. Salah satu manfaat utama dari fungsi adalah dapat menghemat waktu karena Anda tidak harus menulis rumus sendiri. Excel memiliki ratusan fungsi untuk membantu perhitungan.

Bagian-bagian dari fungsi

Urutan memasukkan suatu fungsi sangatlah penting. Setiap fungsi memiliki urutan spesifik -disebut sintaks, yang harus diikuti agar fungsi bekerja dengan benar. Sintaks dasar untuk membuat formula adalah memasukkan tanda sama dengan (=), nama fungsi (misalnya SUM, adalah nama fungsi untuk pertambahan), dan argumen . Argumen berisi informasi rumus untuk menghitung, seperti range dari referensi sel.

Bekerja dengan argumen

Argumen harus diapit tanda kurung. Nilai-nilai individu atau referensi sel dalam kurung dipisahkan oleh titik dua atau koma.

  • Titik dua membuat referensi ke berbagai sel. Misalnya, = AVERAGE (E19: E23) akan menghitung rata-rata dari sel E19 sampai E23.

  • Koma (atau terkadang titik koma) memisahkan nilai-nilai individu, referensi sel, dan rentang sel dalam tanda kurung. Jika ada lebih dari satu argumen, Anda harus memisahkan setiap argumen dengan koma. Misalnya, = COUNT (C6: C14, C19: C23, C28) akan menghitung semua sel C6 sampai C14 dan C19 sampai C23 dan C28

Membuat fungsi dasar dalam Excel:

1. Pilih sel di mana jawabannya akan muncul (misalnya F15).

2. Ketik tanda sama dengan (=), kemudian masukkan nama fungsi (misalnya SUM). lalu tekan (

3. Isikan sel yang akan dihitung, bisa ditulis manual. Bisa menggunakan mouse.

4. Tekan Enter, dan hasilnya akan muncul

Excel tidak akan selalu memberitahu Anda jika fungsi Anda memiliki kesalahan, jadi terserah kepada Anda untuk memeriksa semua fungsi Anda.

Menggunakan AutoSum untuk memilih fungsi umum

Perintah AutoSum memungkinkan Anda dengan cepet untuk menggunakan fungsi-fungsi umum seperti SUM dan AVERAGE tanpa mengetik manual.

1. Pilih sel di mana jawabannya akan muncul (misalnya B10).

2. Klik tab Home.

3. Dalam group Editing, klik panah drop-down AutoSum dan pilih fungsi yang Anda inginkan (misalnya average)

4. Rumus akan muncul di sel yang dipilih B10. Jika kondisi memungkinkan AutoSum akan memilih sel secara otomatis untuk Anda. Jika tidak, Anda perlu mengklik sel untuk memilih argumen yang Anda inginkan.

5. Tekan Enter, dan hasilnya akan muncul

Karena dalam pelaksanaan PJJ ini tidak memungkinkan kita menggunakan komputer, maka sebagai gantinya kita akan belajar spreadsheet menggunakan WPS Office / Excel pada android.

Yang belum punya silahkan bisa mulai diinstall melalui Play Store atau download disini

Untuk tugas pada pertemuan hari ini, kita akan memanfaatkan dokumen yang minggu kemarin kita buat. Maka silahkan buka kembali Latihan 2 yang minggu kemarin kita buat. Kemudian tambahkan tambahkan 3 baris di bawah tabel yang kita buat sehingga kurang lebih tampilannya seperti dibawah ini

Jika terdapat kesulitan membuat tampilannya seperti gambar disamping / ketinggalan materi, bisa melihat/menyusul materi sebelumnya
https://www.ridaikrar.web.id/spreadsheet/01-memodifikasi-sel
https://www.ridaikrar.web.id/spreadsheet/02-rumus-sederhana

Setelah selesai membuat tabel,maka langkah selanjutnya tinggal menambahkan rumus untuk kolom jumlah dan rata-rata siswa.

  • Jumlah =D10+E10+F10+G10

  • Rata-rata =H10/4

Setelah selesai menambahkan jumlah dan rata-rata, langkah selanjutnya menambahkan fungsi untuk rata-rata, nilai maksimal, dan nilai minimal dalam satu kelas

  • RATA-RATA =AVERAGE(H10:H12)

  • N. MAKSIMAL =MAX(H10:H12)

  • N. MINIMAL =MIN(H10:H12)

Berikut adalah caranya menambahkan rumus dan fungsi secara lengkapnya