Membuat Rumus

Excel dapat digunakan untuk menghitung informasi numerik. Pada pelajaran ini, Anda akan belajar bagaimana membuat rumus di Excel untuk menambah, mengurangi, mengalikan, dan membagi nilai-nilai dalam workbook.

Sebuah rumus merupakan persamaan untuk melakukan perhitungan. Seperti kalkulator, Excel dapat mengeksekusi formula menambah, mengurangi, mengalikan, dan membagi. Salah satu fitur Excel yang paling berguna adalah kemampuannya melakukan perhitungan menggunakan alamat sel untuk mewakili nilai di dalam sel. Ini disebut menggunakan referensi sel/cell reference. Untuk memaksimalkan kemampuan Excel, penting untuk memahami bagaimana membuat rumus dan menggunakan referensi sel.

Membuat rumus sederhana

Excel menggunakan operator standar untuk persamaan, seperti tanda plus untuk penambahan (+), tanda minus untuk pengurangan (-), tanda bintang untuk perkalian (*), garis miring untuk pembagian (/), dan tanda sisipan (^) untuk eksponen. Hal penting yang harus diingat saat menulis rumus pada Excel adalah bahwa semua formula harus dimulai dengan tanda sama dengan (=). Hal ini karena sel berisi-atau sejajar dengan-rumus dan nilainya.

Membuat rumus sederhana di Excel:

  1. Pilih sel di mana jawabannya akan ditampilkan (misalnya B4).

  2. Tuliskan tanda sama dengan (=).

  3. Ketik rumus yang Anda inginkan (misalnya 75/250).

  4. Tekan Enter. Rumus akan dihitung, dan nilai akan ditampilkan dalam sel.

Jika hasil dari formula terlalu besar untuk ditampilkan dalam sel, mungkin muncul tanda-tanda pound (#######). Ini berarti kolom tidak cukup lebar untuk menampilkan isi sel. Cukup dengan melebarkan kolom untuk menunjukkan isi sel.

Membuat formula dengan referensi sel

Ketika formula berisi alamat suatu sel, itu disebut referensi sel/cell reference. Membuat formula dengan referensi sel berguna karena Anda dapat memperbarui data dalam lembar kerja Anda tanpa harus menulis ulang nilai-nilai dirumus.

Berikut langkah-langkah membuat formula dengan referensi sel

  1. Pilih sel di mana jawabannya akan muncul (misalnya B3).

  2. Tuliskan tanda sama dengan (=).

  3. Ketik alamat sel yang berisi angka pertama dalam persamaan (misalnya B1).

  4. Ketik operator yang dibutuhkan untuk rumus Anda. Sebagai contoh, ketik tanda tambah (+).

  5. Ketik alamat sel yang berisi angka kedua dalam persamaan (misalnya B2).

  6. Tekan Enter. Rumus akan dihitung, dan nilai akan ditampilkan dalam sel.

Jika Anda mengubah nilai baik B1 atau B2, otomatis akan menghitung ulang total.

Membuat formula menggunakan metode point-and-klik:

  1. Pilih sel di mana jawabannya akan muncul (misalnya B4).

  2. Tuliskan tanda sama dengan (=).

  3. Klik sel pertama untuk dimasukkan dalam rumus (misalnya A3).

  4. Ketik operator yang Anda butuhkan untuk formula. Sebagai contoh, ketik tanda perkalian (*).

  5. Klik sel berikutnya dalam rumus (misalnya B3).

  6. Tekan Enter. Rumus akan dihitung, dan nilai akan ditampilkan dalam sel.

Mengedit rumus:

  1. Klik sel yang ingin Anda edit.

  2. Masukkan kursor di formula bar, dan edit formula yang diinginkan. Anda juga dapat mengklik ganda sel untuk melihat dan mengedit formula langsung dari sel.

  3. Setelah selesai, tekan Enter atau pilih perintah Enter .

  4. Nilai baru akan ditampilkan dalam sel.

Jika Anda berubah pikiran, ESC pada keyboard untuk menghindari membuat perubahan tanpa disengaja pada formula Anda.


Rumus Tingkat Lanjutan

Formula sederhana memiliki satu operasi matematika, seperti 5 + 5. Sedangkan formula kompleks memiliki lebih dari satu operasi matematika, seperti 5 + 5-2. Bila ada lebih dari satu operasi dalam formula, urutan operasi memberitahu kita operasi mana yang pertama kali melakukan perhitungan, dan Anda harus memahami urutan operasi tersebut.

Urutan operasi

Excel menghitung rumus berdasarkan berikut urutan operasi :

1. operasi tertutup dalam tanda kurung

2. perhitungan Eksponensial (untuk kekuatan)

3. perkalian dan pembagian, mana yang lebih dulu

4. penjumlahan dan pengurangan, mana yang lebih dulu

Contoh berikut menunjukkan bagaimana menggunakan urutan operasi untuk menghitung rumus:

Pada contoh ini, kita akan meninjau bagaimana Excel menghitung rumus kompleks menggunakan urutan operasi. Sel yang dipilih akan menampilkan persen dari total benih putih Pete Lily yang terjual.

1. Pertama, Excel akan menghitung jumlah terjual dalam tanda kurung benih Pete Lily - White:
(19 * 1.99) = 37,81 dan (33 * 1.99) = 65,67 Jumlah benih Pete Lily.

2. Kedua, ia akan membagi jumlah benih Pete Lily – White oleh total Jumlah biji Pete Lily:
37,81 / 65,67 = 0,5758 .

3. Terakhir, akan kalikan hasilnya dengan 100 untuk mendapatkan nilai dalam persen:
0,5758 * 100 = 57,58 .

Berdasarkan rumus kompleks ini, hasilnya akan menunjukkan bahwa 57,58% dari jumlah benih Pete Lily – White yang dijual. Anda dapat melihat dari contoh ini bahwa sangat penting untuk memasukkan formula kompleks dengan urutan yang benar dalam operasi. Jika tidak, Excel tidak akan menghitung hasil dengan akurat.

Karena dalam pelaksanaan PJJ ini tidak memungkinkan kita menggunakan komputer, maka sebagai gantinya kita akan belajar spreadsheet menggunakan WPS Office / Excel pada android.

Yang belum punya silahkan bisa mulai diinstall melalui Play Store atau download disini

Untuk tugasnya, silahkan buatlah spreadsheet sebagai berikut menggunakan WPS Office di hp masing-masing. Kemudian disimpan dengan nama Latihan2 namamu di penyimpanan ponsel/internal dalam folder dokumen

  • Untuk NAMA dan NIS bisa diganti dengan yang lain bebas.

  • Nilai bisa diisi dengan angka lainnya (antara 6 dan 9). tidak harus sama contoh

  • Jika ada kesulitan silahkan lihat video dibawah ini

Cara menambahkan rumus