Seirig dengan perkembangan teknologi dan informasi, kian banyak berbagai peralatan yang membantu pekerjaan manusia, seperti komputer, laptop dan lain-lain. Selain berfungsi untuk mencari informasi, apabila terkoneksi ke internet, komputer juga memiliki berbagai aplikasi nan mampu menyederhanakan tugas, misalnya membuat dokumen, mengolah angka, membuat file presentasi dan sebagainya.
Beberapa program yang dapat melakukan tugas tersebut diantaranya: Microsoft Office Word, Excel dan PowerPoint. Mereka merupakan produk keluaran Microsoft Corporation yang menjadi satu paket. Tetapi yang akan kita bahas kali ini adalah Microsoft PowerPoint.
Meski banyak software sejenis yang fungsinya sama dengan microsoft power point , namun Microsoft PowerPoint belum kehilangan popularitasnya. Hal itu dikarenakan dari segi pemakaian, Microsoft PowerPoint lebih mudah alias user friendly.
Quick Access adalah sebuah toolbar yang berisi sejumlah tombol-tombol perintah yang dapat digunakan untuk mengakses secara cepat pada saat kita bekerja menggunakan powerpoint dimana isinya dapat diatur menggunakan tombol panah bawah pada sebelah kanan quick access.
Title Bar digunakan untuk melihat nama program dan file yang sedang dibuka. Saya biasanya menggunakan title bar sebagai penanda apakah saya sudah menyimpan file yang sedang saya buat ataukah belum, sebagai contoh bila kalimat yang tertulis pada title bar adalah "Presentasi 1" berarti saya belum menyimpan file tersebut mengapa demikian, karena kalimat "Presentasi 1" adalah kalimat default yang otomatis mengisi title bar sebelum kita menyimpannya.
Ribbon Tab merupakan barisan menu yang terdiri dari perintah menu utama Microsoft Power. Barisan menu utama ini antara lain Home, Insert, Design, Transitions, Animations, Slide Show, Review, dan View.
Ribbon merupakan penjabaran dari Tab Menu Ribbon jika dalam tab menu ribbon hanya berisi nama menu saja pada ribbon berisi barisan tombol-tombol bergambar yang memiliki fungsi tertentu dan digunakan untuk menjalankan suatu perintah dengan cepat dan mudah.
Kontrol Windows ada 3 fungsi utama yang dilakukan pada group perintah ini.
Minimize: Menggulung layar ke bagian taskbar sehingga bisa menggunakan program yang dipelakangnya
Maximize/Restore Down: Memaksimalkan tampilan untuk memenuhi desktop/ mengecilkan tampial supaya bisa melihat tampilan lebih dari 1 program
Close: Untuk menutup ptorgam
Slide Area
Merupakan area yang akan kita gunakan untuk membuat slide. Secara default tampilan awal slide adalah "Title Slide" namun kita bisa merubahnya ke tampilan yang lain.
Side Bar
Berisi slide-slide yang ada pada presentasi yang aktif. Sidebar juga memungkinkan kita berpindah-pindah slide cukup dengan cara klik kiri pada slide yang akan dibuka
Zoom Slider
Perintah untuk memperbesar dan memperkecil tampilan pada dokumen kerja anda.
Status Bar
Kumpulan informasi tentang presentasi yang sedang kita kerjakan, informasi-informasi tersebut antara lain.
Informasi tentang pada slide yang mana kita sekarang sedang berada.
Informasi tentang tema slide yang sedang kita kerjakan.
Informasi tentang format bahasa yang sedang kita gunakan sekarang.
Viewer
Kumpulan tombol yang berisi perintah tampilan area edit slide seperti,
Normal :
Mode tampilan powerpoint untuk edit slide.
Slide Sorter :
Mode tampilan powerpoint yang mengijinkan pemakainya melihat seluruh slide dalam 1 tampilan tanpa bisa mengedit slide.
Reading View :
Mode tampilan powerpoint yang serupa dengan slide show namun kontrol jendela masih terlihat.
Slide Show :
Jalannya slide yang ditampilkan dari slide awal hingga slide akhir.
Menu HOME
Menu Home merupakan menu yang terdiri atas berbagai macam pengaturan diantaranya clipboard (merupakan tempat sementara untuk menyimpan hasil copy dari dokumen seperti teks dan gambar), selain menu clipboard juga terdapat menu Font untuk mengatur huruf, menu paragraf yang terdiri atas pengaturan paragraf dan pengaturan Bullets and Numbering, menu Styles dan menu Editing. Sedangkan untuk mengaktifkan Menu Home, caranya adalah klik tab Menu Home pada tab menu atau tekan Alt+H, perhatikan ribbon menu yang tampil.
Menu INSERT
Menu Insert merupakan menu yang digunakan untuk menyisipkan berbagai elemen multimedia dari komputer ke dalam Ms. Word kita, seperti menyisipkan halaman dapat melalui menu Page, menyisipkan tabel, menyisipkan berbagai macam ilustrasi seperti Shapes, Smart Art, Chart. Selain itu, dapat menyisipkan Link, Header dan Footer, Text Box, dan karakter simbol yang terdapat pada huruf. Nah untuk mengaktifkan Menu Insert, klik Menu Insert pada tab menu atau tekan Alt+N, perhatikan ribbon menu yang tampil.
Menu DESIGN
Menu Design merupakan menu yang berisi beberapa template tampilan presentasi. untuk dapat mengaktifkannya coba anda klik tab Menu Design pada tab menu atau tekan Alt+G, perhatikan ribbon menu yang tampil.
Menu TRANSITION
Menu Transition merupakan menu yang digunakan untuk membuat animasi perpindahan dari satu slide ke slide yang lain. Untuk dapat mengaktifkannya coba anda klik tab Menu Transitions pada tab menu atau tekan Alt+K, perhatikan ribbon menu yang tampil.
Menu ANIMATION
Menu Animation adalah menu yang digunakan untuk membuat animasi, baik itu kalimat ataupun gambar. untuk dapat mengaktifkannya coba anda klik tab Menu Animations pada tab menu atau tekan Alt+A, perhatikan ribbon menu yang tampil.
Menu SLIDE SHOW
Menu Slide Show adalah menu yang kita gunakan untuk melihat hasil presentasi yang telah kita buat. untuk dapat mengaktifkannya coba anda klik tab Menu Slide Show pada tab menu atau tekan Alt+S, perhatikan ribbon menu yang tampil.
Menu REVIEW
Menu Review memuat perintah-perintah yg berkaitan dengan pengecekan tata bahasa , revisi dokumen , dan data proteksi dokumen. Didalam tab review terdapat berbagi group/icon, diantaranya adalah proofing, language, comments, tracking, changes, compare, protect dan onenote. Untuk mengaktifkannya coba anda klik tab Menu Review pada tab menu atau tekan Alt+R, perhatikan ribbon menu yang tampil.
Menu VIEW
Menu View digunakan untuk menentukan atau menyembunyikan mode tampilan ketika bekerja dengan program. Didalam tab view terdapat berbagi group/icon, diantaranya adalah document views, show, zoom, windows, dan macros. Untuk mengaktifkannya coba anda klik tab Menu View pada tab menu atau tekan Alt+W, perhatikan ribbon menu yang tampil.
Untuk microsoft power poin yang baru saat ini, mungkin langkah-langkah untuk mempersiapkan dokumennya sedikit berbeda dengan yang terdahulunya.
Buka terlebih dahulu aplikasi powerpoint. Tunggu sampai prosesnya selesai
Ketika kita ingin membuat sebuah halaman kosong maka tinggal klik 2x pada pilihan Blank Presentation
Kemudian langkah menyimpan power point yang terbaru juga sedikit berbeda, karena ada beberapa lokasi penyimpanan yang bisa dipilih. Untuk menyimpat dokumen power point yang belum pernah disimpan pada penyimpanan komputer adalah sebagai berikut:
Klik menu File
Pilih Save As
Kemudian Klik Browse
Tentukan lokasi dimana kita menyimpan
Tentukan nama file
Klik tombol Save